-
OKSIDASI PADA PELUMAS
Apakah oksidasi pada pelumas menunjukkan kondisi mesin? Oksidasi oli mengacu pad pemecahan kimia oli mesin karena reaksinya dengan oksigen dari waktu ke waktu, seringkali dipercepat oleh panas, tekanan dan kontaminan. Saat oksidasi berlangsung, oli dapat mengental, membentuk lumpur dan mengembangkan senyawa asam yang dapat menimbulkan korosi pada komponen mesin.
-
MASALAH UTAMA PADA TRANSMISI OTOMATIS
Saat mengganti cairan transmisi, seharusnya tidak mengalami masalah dalam memindahkan gigi atau mempertahankan kecepatan berkendara tertentu, dan juga tidak boleh mendengar suara-suara yang tidak biasa atau mengalami gejala-gejala yang tidak biasa. Namun, ada kalanya pengemudi merasakan ada yang tidak beres atau mendengar suara bising dari transmisi segera setelah mengganti cairan transmisi. Hal ini sering kali…
-
EFEK PENGGUNAAN BBM DIESEL DENGAN SULFUR TINGGI PADA MESIN DIESEL MODERN
Konsekuensi untuk Kinerja, Pemeliharaan dan Umur Panjang Mesin diesel modern – terutama yang dilengkapi dengan injeksi bahan bakar common rail dan turbocharging – direkayasa untuk diesel sulfer ultra rendah (ULSD), biasanya dengan kandungan belerang 10ppm atau kurang. Selain itu, kemajuan dalam perangkat after-treatment seperti sistem Diesel Particular Filter (DPF) dan Selective Catalytic Reduction (SCR) memerlukan…
-
APA ITU LSPI DAN CARA MENGATASINYA
LOW-SPEED PRE-IGNITION APA YANG DIMAKSUD DENGAN LSPI ITU DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA? Pemilihan pelumas yang buruk menyebabkan berbagai masalah kinerja mesin. Salah satunya adalah low-speed pre-ignition (LSPI). Juga disebut stochastic pre-ignition (SPI) atau super-knock, LSPI terjadi pada teknologi direct injection pada mesin bensin dengan turbocharged. Fenomena ini dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang fatal.
-
INTERCOOLERS VS RADIATOR
Radiator dan Intercoolers, apa bedanya? keduanya adalah penukar panas. Tujuannya mengurangi suhu yang mengalir melaluinya. Namun, keduanya memiliki tujuan berbeda di mobil. Radiator ada di setiap mobil dengan mesin pembakaran internal. Tujuannya adalah untuk membantu pendinginan mesin dengan menyerap panas dari cairan pendingin. Sedangkan intercooler menyerap panas dari udara bertekanan dari turbocharger.