MOBIL DIESEL BERASAP DI ANGGAP WAJAR? KITA ULAS YUK

Dalam beberapa tahun terakhir, HASIL PEMBAKARAN HDE atau alat berat menjadi lebih bersih dan lebih canggih dari sebelumnya. Sistem pembuangan khusus memainkan peran penting dalam memastikan gas emisi yang dihasilkan bersih dan mengurangi polusi.

Jika melihat asap mengepul keluar dari sistem pembuangan mesin, maka asap yang berasal dari knalpot dapat menandakan masalah serius dengan mesin diesel tersebut.

Dari injektor yang rusak hingga kualitas bahan bakar yang buruk, ini akan sulit untuk menentukan apa sebenarnya yang menyebabkan mesin mengeluarkan asap dari knalpotnya.

Salah satu petunjuk penting untuk membantu menentukan penyebab asap adalah warna asap itu sendiri. Seringkali, knalpot asap akan datang dalam salah satu dari 3 jenis warna asap, yaitu PUTIH, HITAM DAN BIRU

Ketika KENDARAAN DIESEL MULAI MENGELUARKAN ASAP, maka dari warna tersebut dapat dicari akar penyebabnya.

ASAP PUTIH

Asap putih selama berawal dari dingin umumnya tidak menjadi perhatian. Namun, jika berlanjut selama pemanasan atau di bawah beban (running temperature), ini mungkin mengindikasikan masalah yang lebih parah seperti kebocoran cairan pendingin.

PENYEBAB ASAP PUTIH PADA KNALPOT DIESEL

MESIN KONDISI DINGIN: Asap putih selama start dingin adalah normal, karena diakibatkan oleh kondensasi pada sistem pembuangan.

KEBOCORAN CAIRAN PENDINGIN: Asap putih juga bisa menjadi tanda kebocoran cairan pendingin ke dalam ruang bakar karena paking kepala yang rusak atau kepala silinder yang retak.

WAKTU INJEKSI YANG SALAH: Waktu injeksi bahan bakar yang salah dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna, yang menyebabkan asap putih. Hal ini dapat disebabkan oleh INJEKTOR BAHAN BAKAR YANG RUSAK.

CARA MEMPERBAIKI DAN MENCEGAH ASAP PUTIH PADA KNALPOT DIESEL

Tindakan Segera:

1. Biarkan mesin memanas selama dari cold start dan asap putih harus menghilang

2. Periksa kebocoran cairan pendingin, terutama di sekitar cylinder head dan gasket

3. Verifikasi waktu injeksi bahan bakar yang tepat

Tindakan pencegahan:

1. Jika ada masalah di gasket segera ganti gasket yang rusak

2. Pantau mesin secara teratur untuk tanda-tanda kehilangan cairan pendingin atau emisi gas buang yang tidak biasa.

ASAP HITAM

Asap hitam adalah masalah yang parah karena menunjukkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Hal ini dapat mengakibatkan inefisiensi, penurunan kinerja mesin, peningkatan konsumsi bahan bakar, dan polusi.

PENYEBAB ASAP HITAM DI KNALPOT DIESEL

1. PEMBAKARAN TIDAK SEMPURNA: Penyebab paling umum dari asap hitam adalah pembakaran bahan bakar solar yang tidak sempurna. Hal ini terjadi ketika udara tidak cukup untuk jumlah bahan bakar yang disuntikkan ke dalam silinder mesin.

2. FILTER UDARA KOTOR: Filter udara yang tersumbat atau kotor dapat membatasi aliran udara ke mesin, yang menyebabkan pembakaran tidak

sempurna.

3. BAHAN BAKAR BERLEBIH: Bahan bakar berlebih, seringkali karena injektor bahan bakar yang tidak berfungsi, juga dapat mengakibatkan emisi asap hitam.

4. PENUMPUKAN KARBON: Akumulasi endapan karbon di dalam mesin dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan asap hitam.

PERBAIKAN DAN PEN-CEGAH ASAP HITAM DI KNALPOT PADA MESIN DIESEL

Tindakan Perbaikan:

1. Periksa dan ganti filter udara yang tersumbat

2. Memeriksa, membersihkan, atau mengganti injektor bahan bakar yang tidak berfungsi 

3. Pastikan perawatan dan pembersihan ruang bakar mesin yang tepat

 

Tindakan Perawatan:

1. Gunakan bahan bakar diesel berkualitas tinggi

2. Periksa dan bersihkan sistem asupan udara secara teratur

3. Jaga agar mesin tetap disetel dan dikalibrasi untuk campuran bahan bakar-udara yang optimal

 

ASAP BIRU

Asap biru menunjukkan potensi kerusakan mesin, penurunan output daya, dan peningkatan emisi.

PENYEBAB ASAP BIRU PADA KNALPOT DIESEL

1. KONSUMSI MINYAK: Asap biru sering kali merupakan tanda minyak terbakar di ruang bakar. Hal ini dapat disebabkan oleh cincin piston atau segel katup yang aus.

2. OLI YANG SALAH: Menggunakan oli yang terlalu kental atau tidak cukup kental dapat menyebabkan kebocoran oli di sekitar cincin piston dan pemandu katup.

3. KURANGNYA PERAWATAN: Mengabaikan penggantian dan perawatan oli secara

teratur dapat menyebabkan masalah terkait oli, yang menyebabkan asap biru.

PERBAIKI DAN CEGAH ASAP BIRU DI KNALPOT MESIN DIESEL

Tindakan Segera:

1. Periksa dan ganti RING PISTON dan SEAL VALVE yang sudah aus.

2. Sesuaikan level oli dengan rekomendasi pabrikan

3. Ganti oli mesin dan filter secara teratur

4. Gunakan jenis oli yang berkualitas

Tindakan pencegahan:

1. Ikuti jadwal perawatan yang ketat, termasuk penggantian oli dan inspeksi

2. Gunakan oli dan filter berkualitas tinggi

3. Pantau level dan kondisi oli secara teratur

 

#WEALTHY…LUBRICANT THAT NEVER SLEEP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *