BAGAIMANA PENUMPUKAN KARBON TERBENTUK PADA EGR

Katup EGR (Exhaust Gas Recirculation) dirancang untuk mendinginkan gas buang dengan membakar gas buang untuk kedua kalinya di dalam sistem intake. Hal ini menghasilkan pengurangan emisi nitrogen oksida. Resirkulasi gas buang menyebabkan akumulasi partikel karbon secara bertahap di dalam saluran masuk. Endapan ini akhirnya berkembang menjadi lapisan jelaga hitam, yang dapat menyebabkan berbagai masalah mesin dan bahkan kegagalan mesin.
Bagaimana Penumpukan Karbon Terbentuk
Endapan dan penumpukan karbon merupakan hasil pembakaran pada mesin yang disebut BY PRODUCT berasal dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.
Jelaga berwarna hitam ini, mirip dengan yang terkumpul di cerobong asap, akan mengeras pada komponen internal mesin seperti nozel injektor, dinding silinder, katup masuk, dan lainnya.
Anehnya, mesin baru dengan teknologi emisi yang lebih baik lebih rentan terhadap masalah mesin yang disebabkan oleh penumpukan karbon.
Mesin lama mengandalkan bahan bakar yang disemprotkan ke intake manifold melalui injektor bahan bakar untuk bercampur dengan udara. Campuran udara–bahan bakar ini kemudian bergerak pada interval waktu tertentu melalui silinder mesin ke busi tempat campuran tersebut menyala dan terbakar.
Beberapa mesin modern, seperti mesin injeksi langsung, lebih mungkin mengalami penumpukan karbon. Mesin TGDi (turbocharged Gasoline Direct-injection) menggunakan sistem tekanan tinggi yang menginjeksikan bahan bakar langsung ke ruang bakar mesin. Hal ini menghasilkan pembakaran yang lebih efisien dan menyeluruh yang bertujuan untuk menurunkan emisi dan meningkatkan daya.
Namun teknologi efisien ini juga dapat menyebabkan penumpukan karbon pada katup masuk karena bahan bakar tidak mampu membersihkan katup seperti pada mesin injeksi bahan bakar jenis lainnya. Misalnya, bahan bakar dapat mengalir melalui katup masuk pada mesin port-injeksi, yang membantu menjaga katup tetap bersih dari karbon.
Deposit karbon yang melimpah dapat menyebabkan inefisiensi kinerja mesin, yang dapat merusak mesin dan menyebabkan kegagalan komponen yang penting.
Penumpukan karbon umumnya terjadi sebagai akibat dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, dan seiring dengan berkembangnya penumpukan karbon ini, tingkat korosi dan keausan di dalam mesin semakin meningkat.
Masalah Mesin Akibat Penumpukan Karbon
Deposit karbon dapat mengganggu aliran udara, menyebabkan mesin beroperasi di luar spesifikasi OEM. Hal ini mengakibatkan turbulensi operasional yang membuat perbandingan udara-bahan bakar tidak konsisten.
Ketidak konsistenan ini menyebabkan mesin mengalami “rich mixture dan poor mixture”, yang berdampak buruk pada keandalan mesin dalam jangka panjang dan menyebabkan titik panas di dalam ruang bakar mesin.
Penumpukan panas yang disebabkan oleh penumpukan karbon (Hotspot – Red) tersebut sangat mempengaruhi efisiensi mesin. Daerah dimana penumpukan karbon sudah terbentuk, kemungkinan besar akan mengalami panas berlebih karena sifat karbon yang “menahan panas”. Hal ini dapat menyebabkan “knocking” dan penurunan efisiensi mesin secara drastis.
Penumpukan karbon dapat dipercepat melalui beberapa cara. Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah berkontribusi terhadap berkembangnya simpanan karbon berbahaya ini dan rendah atau salah penggunaan pelumas yang menyebabkan terjadinya LSPI, and SOOT.
Bahan bakar bermutu rendah sering kali jenuh dengan kontaminan yang tidak hanya mengakibatkan kegagalan komponen mesin yang kritis namun juga berkontribusi terhadap inefisiensi pembakaran seiring berjalannya waktu. Pelumas yang rendah kualitas juga tidak kalah memberikan kontribusi pembentukan karbon deposit antara lain dengan terjadinya knocking dan pembentukan “SOOT” yang tinggi.
Terkait pengoperasian mekanis mesin, ketidak konsistenan perbandingan udara dan bahan bakar juga berperan penting dalam berkembangnya penumpukan karbon.
Kebiasaan mengemudi merupakan kontributor utama penumpukan karbon, daerah lalu lintas yang padat dapat menyebabkan penumpukan karbon di mesin kendaraan karena tidak dapat mengemudi secara efisien saat lalu lintas macet.
Di sisi lain, seringnya mengemudi jarak pendek juga dapat mempercepat penumpukan karbon.
Katup masuk (inlet valve) pada mesin injeksi langsung (direct injection) sebelum menjalani pembersihan karbon pada katup di tunjukkan pada gambar di atas.
Sayangnya, dampak dari penumpukan karbon secara bertahap mungkin tidak langsung dirasakan oleh operator mesin. Biasanya, penumpukan karbon pertama-tama muncul dengan cara yang tidak kentara, hingga mencapai titik di mana fungsi-fungsi penting mesin menjadi terganggu.
Gejala Penumpukan Karbon pada Mesin Antara lain:
- Sensor gagal karena pengotoran
- Asap hitam dari sistem pembuangan
- Idle kasar/start mesin yang sulit
- Akselerasi/performanya menurun
Cara Mencegah Penumpukan Karbon
Perawatan preventif adalah satu-satunya cara terbaik untuk mencegah penumpukan karbon berlebih di mesin.
Memasok bahan bakar berkualitas ke mesin sangat penting agar mesin dapat beroperasi dalam toleransi teknis.
Katup masuk setelah pembersihan karbon, siap dioperasikan sesuai spesifikasi OEM.
Dengan adanya kontaminasi yang sering terjadi di seluruh rantai pasokan bahan bakar global, tindakan pencegahan harus dilakukan untuk memastikan bahwa bahan bakar berkualitas dialirkan melalui mesin.
Merawat mesin dengan benar juga sama pentingnya, seperti melakukan penggantian dan penggunaan oli secara rutin dan berkulitas.
Untuk penumpukan karbon yang ada, ada sejumlah solusi yang mungkin berhasil menghilangkan jelaga yang tidak diinginkan ini. Saat mesin bekerja pada suhu pengoperasian yang benar, meningkatkan RPM mesin membantu motor membakar penumpukan karbon di dalamnya.
Penggunaan bahan tambahan bahan bakar khusus “CETANE NUMBER IMPROVER” dan perawatan bahan bakar juga akan membantu mesin dalam menghilangkan endapan ini. Pada mesin injeksi langsung, dimana penumpukan karbon bisa sangat ekstrim, pembersihan katup masuk secara berkala termasuk dalam item perawatan mesin yang direkomendasikan.
Diskusikan dengan Spesialis Diesel FAST n FRUGAL
FAST n FRUGAL adalah SPESIALIS DIESEL, pakar diesel kami secara eksklusif akan membantu pemiliknya mengidentifikasi permasalahan kinerja mesin diesel yang dimiliki. Saat anda membawa kendaraan diesel ke FAST N FRUGAL baik common rail atau turbodiesel lainnya kepada kami, anda dapat yakin bahwa diesel anda ada di tangan para ahli!
Hubungi kami untuk berdiskusi dengan tim kami hari ini.