TURBOCHARGE, APA DAN BAGAIMANA CARA KERJANYA

APA ITU MESIN TURBO PADA MOBIL DAN BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Mobil bukan lagi sekedar alat transportasi, tapi merupakan gengsi dan prestise serta bergaya, disaamping harus kuat dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Mobil modern hadir dengan mesin bertenaga, dan mesin turbo adalah salah satu alasan utama lompatan performa selama bertahun-tahun. Lantas, apa itu mesin turbo pada mobil, dan bagaimana cara kerjanya?

Turbocharger memberi mesin tenaga ekstra tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Biasanya Turbocharger ditambahkan ke mesin yang lebih kecil untuk meningkatkan kinerja. Hari ini  dapat menemukan mesin turbocharged pada banyak jenis kendaraan, termasuk mobil sport, truk, sedan, dan kendaraan mewah.

PERTANYAAN YANG ADA APAKAH TURBOCHARGE MEMANG DIPERLUKAN UNTUK MOBIL?

“Secara umum, turbocharging MEMANG DIBUTUHKAN TERUTAMA UNTUK MOBIL MESIN CC KECIL, TETAPI MASIH MENDAPATKAN TENAGA YANG MEMADAI.

 “IDE menggunakan Turbocharger pada mesin kecil 4 cylinder akan mendapatkan fuel efficiency yang baik tanpa HARUS KEHILANGAN TENAGA.

APA ITU TURBO?

Turbocharge pada mobil adalah mesin pembakaran internal yang digunakan pada mobil dan dilengkapi dengan perangkat turbocharger. Oleh karena itu, dikenal sebagai mesin turbocharged. Turbocharger terutama digunakan untuk MENINGKATKAN KINERJA dan EFFICIENSI MESIN.

Bagaimana cara kerja TURBO PADA MOBIL?

Mesin turbo di dalam mobil bekerja SAMA SEPERTI MESIN PEMBAKARAN INTERNAL LAINNYA. Satu-satunya PERBEDAAN ADALAH UDARA BERTEKANAN EXTRA  DIALIRKAN MELALUI TURBOCHARGER KE CYLINDER MESIN. FENOMENA INI JUGA DISEBUT “INDUKSI UDARA KE-DALAM RUANG BAKAR.

CARA KERJA TURBOCHARGER BEKERJA YANG DIPASANG PADA MESIN MOBIL:-

  • Turbo terdiri dari dua komponen utama: roda turbin dan roda kompresor.
  • Turbin dan roda kompresor disatukan oleh sebuah poros.
  • Komponen-komponennya tertutup dalam wadah berbentuk siput, dengan lubang masuk dan keluar.
  • Gas buang yang dihasilkan mesin masuk melalui saluran masuk turbo pada tekanan tinggi.
  • Udara bertekanan tinggi memutar turbin, dan pada gilirannya, memutar roda kompresor.
  • Saat roda kompresor berputar, ia menarik sejumlah besar udara yang dikompresi dan didorong keluar dari lubang pembuangan.
  • Udara terkompresi dimasukkan ke dalam silinder melalui pipa dan melalui intercooler.
  • Karena gas buang yang panas, udara akan menjadi panas. Intercooler mendinginkan udara sebelum mencapai silinder.
  • Umumnya, turbo memiliki sistem pendingin oli karena beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi.
  • Beberapa sistem turbo juga memiliki katup wastegate untuk mengalihkan gas berlebih dari turbocharger jika mesin menghasilkan terlalu banyak gas buang.
  • Katup wastegate mencegah kerusakan pada turbin dengan mengontrol kecepatan rotasi.

Turbo engine KELEBIHAN & KEKURANGANNYA

PARAMETER

KELEBIHAN MESIN TURBO

KEKURANGAN MESIN TURBO

Penggunaan dan konstruksi Turbocharger

Dapat digunakan pada mesin bensin dan diesel

Mesin turbo terdiri dari bagian-bagian yang kompleks. Jika gagal atau mengalami kesalahan, itu dapat berdampak pada komponen mesin lainnya.

Tenaga dan biaya Mesin turbo

TURBO lebih kecil menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin yang lebih besar

Turbocharger mahal, dan hal yang sama berlaku untuk biaya perbaikan

PERFORMAN

Mesin turbo lebih ringan dari mesin NA (Naturally Aspirated) karena kapasitas mesin yang lebih keci

TURBO LAG, yang merupakan masalah umum pada mesin turbo. Ada sedikit keterlambatan pengiriman tenaga setelah menekan pedal akselerator.

FUEL ECONOMY

Mesin turbo juga dapat menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik karena sifatnya yang ringkas.

Mesin turbo efisien, tetapi harus juga berhati-hati dengan throttle untuk menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Jika dikemudikan secara agresif, dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar yang buruk ALIAS MENJADI BOROS

Ramah lingkungan

dan

Biaya Mesin turbo

lebih ramah lingkungan karena membakar bahan bakar lebih bersih dan menghasilkan lebih sedikit polusi.

Mesin turbo lebih mahal daripada mesin

Torsi

dan

Keandalan Umumnya

Mesin turbo menghasilkan TORSI LEBIH BESAR pada rentang putaran yang lebih rendah. Ini menghasilkan akselerasi awal yang sangat baik.

Mesin turbo kurang andal dibandingkan mesin DENGAN CC LEBIH BESAR DAN TENAGA YANG SAMA. Karena turbocharger bekerja di bawah banyak tekanan,dan RENTAN TERHADAP KERUSAKAN

PENYEMPURANAAN

DAN

CATATAN UNTUK EXHAUST

Mesin turbo memberikan udara bersih yang masuk ke dalam silinder. Mesin menghasilkan lebih sedikit kebisingan dibandingkan dengan mesin normal.

Mesin turbo tidak menghasilkan suara knalpot yang serak. Karena kapasitas mesin yang lebih kecil, suaranya tidak terdengar baik.

PERBEDAAN ANTARA TURBO ENGINE DAN NORMAL ENGINE

PARAMETER

TURBO ENGINE

NORMAL ENGINE

PRINSIP KERJA

Induksi udara dengan tekanan tinggi

Udara masuk ke sylinder tergantung dengan tekanan udara

TENAGA

Menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin normal

Menghasilkan tenaga yang sama/kuranf dari mesin turbo yang kecil

TORQUE/TORSI

Menghasilkan torque lebih besar

TORQUE lebih kecil dari mesin ber-turbo

Fuel Efficiency

Lebih baik untuk Fuel Efficiency dikarenakan mesin lebih kecil

FE bisa lebih rendah karena mesin normal mempunya kapasitas lebih besar

Reliability

Reliability nya kurang dibandingkan dengan mesin normal karena banyak komponen yang dipasang

Reliable dari pada mesin Turbo

Repair cost

Dan

Initial cost

TINGGI

LEBIH RENDAH DARI MESIN TURBO

MAINTENANCE

Memerlukan perawatan yang rutin

Tidak memerlukan perawatan ruting seperti mesin turbo

Turbocharger vs supercharger: MANA YANG LEBIH BAIK?

PARAMETER

TURBOCHARGER

SUPERCHARGER

WORKING PRINCIPLE

(CARA KERJA)

Menggunakan kecepatan dan energi panas dari gas buang untuk memutar roda turbin.

Mesin secara mekanis menggerakkan supercharger melalui V-BELT

AIR INDUCTION

(INDUKSI UDARA)

Induksi udara dari udara yang di-pampat-kan

Induksi udara dari udara yang di-pampat-kan

BOOST LAG

Terjadi perlambatan (delay) pada saat meng-aplikasi-kan throttle secara agresif

Tidak terjadi perlambatan (delay) pada saat meng-aplikasi-kan throttle secara aggresive

FUEL EFFICIENCY

Meningkatkan efisiensi bahan bakar.

PEMAKAIAN BBM MENINGKAT karena memerlukan tenaga mesin untuk menggerakan compressor

TURBOCHARGER Vs SUPERCHARGER: MANA YANG LEBIH BAIK?

Beberapa PERBEDAAN UTAMA antaraa TURBOCHARGER dan SUPERCHARGER yang digunakan dalam IC engine.

  1. Efisiensi bahan bakar mana yang lebih baik, turbocharger atau supercharger? Dari perspektif praktis, turbocharger adalah jalan yang harus ditempuh. TURBOCHARGER memberikan perpaduan sempurna antara TENAGA dan EFFISIENSI BBM, dan ini yang dicari oleh sebagian besar pembeli mobil. Karenanya, pabrikan mobil menggunakan turbocharger di sebagian besar mobil modern.

Di sisi lain, SUPERCHARGER adalah untuk TENAGA LANGSUNG YANG DIPEROLEH dengan BIAYA EFIESIENSI BBM YANG TER-RENDAH dan PALING COCOK UNTUK MOBIL KELAS ATAS atau MESIN YANG BER-KAPASITAS TINGGI. Dalam dunia performa/mobil sport, EFFISIENSI BBM DIBUANG BEGITU SAJA. Oleh karena itu, SUPERCHARGER COCOK dan  menemukan rumah yang sempurna untuk mobil sport kelas atas atau mesin ber-kapasitas tinggi.

PETROL TURBOCHARGED

Mesin turbo-bensin tidak lain adalah mesin pembakaran internal bensin yang dilengkapi dengan turbocharger. Salah satu daya tarik utama dari mesin tersebut adalah mesin ini bertenaga dan efisien daripada mesin NORMAL berkapasitas lebih besar.

Turbocharger dapat menarik lebih banyak udara dan memampatkannya sebelum mencapai silinder. Itu membuat mesin bensin yang lebih kecil berperilaku seperti mesin berkapasitas tinggi karena pembakaran yang lebih bertenaga. Oleh karena itu, mesin bensin turbo yang lebih kecil dapat menghasilkan tenaga yang sama/lebih besar daripada mesin bensin NORMAL berkapasitas tinggi.

DIESEL TURBOCHARGED

Diesel turbocharged atau turbo-diesel adalah mesin pembakaran internal dengan turbocharger yang membantu menyediakan udara terkompresi untuk pembakaran yang lebih baik. Semakin efisien pembakaran bahan bakar, semakin efisien tenaga mesinnya.

Oleh karena itu, mesin turbo-diesel menghasilkan lebih banyak tenaga dan juga hemat bahan bakar pada saat yang bersamaan. Turbocharger juga membantu menghasilkan kurva torsi yang unggul dibandingkan dengan mesin diesel NORMAL

PELUMAS/OLI MESIN TURBO & KE-GUNAAN-NYA

PELUMAS MESIN dalam mesin TURBOCHARGED juga DIGUNAKAN untuk MELUMASI dan MEN-DINGIN-KAN TURBO. Karena TURBOCHARGED BEROPERASI pada RPM yang SANGAT TINGGI dan TEMPERATUR TINGGI. Tanpa pelumasan, turbo bisa rusak karena suhu dan gaya yang tinggi. Oleh karena itu, PEMILIHAN dan PEMAKAIAN PELUMAS YANG SALAH (API TIDAK TEPAT seperti SN dan SN+ atau yang sudah tidak BOLEH DIGUNAKAN, serta SAE yang SALAH seperti 5W-30 atau 10W-40) yang SE-HARUS-NYA API SP dan SAE 0W-16, 0W-20, 0W-30. PELUMAS MESIN TURBO HARUS BERBASIS GROUP III dan/atau GROUP III+.

Kurangnya oli atau masalah apa pun dengan saluran supply oli dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada turbo. Begitu pula dengan kotoran pada oli mesin juga dapat merusak komponen turbocharger. Jadi, kita harus memperhatikan level oli mesin dan kualitas oli agar mesin dan turbo tetap dalam kondisi prima.

APA yang dimaksud dengan TWIN-TURBO dan APA BEDA-NYA

Mesin twin-turbo adalah mesin mobil dengan 2 TURBOCHARGER. Cara kerja dasar turbocharger tetap sama kecuali dua di antaranya bekerja secara bersamaan untuk mengalirkan udara tekan ke ruang bakar. Mesin twin-turbo menghasilkan tenaga hampir dua kali lipat dari mesin NORMAL. TWIN TURBO DAPAT DI-KETEMU-KAN pada MESIN YANG BERPERFORMA TINGGI.

Poin-poin di bawah ini menjelaskan detail lebih lanjut tentang pengaturan twin-turbo di mesin.

  1. Ada dua jenis mesin twin-turbocharged berdasarkan konfigurasinya: mesin twin-turbo SERIES dan PARALLEL.
  • Dalam pengaturan SERIES, ada dua turbocharger dengan ukuran berbeda.

Turbo yang lebih kecil bertanggung jawab untuk memberikan dorongan pada RPM yang lebih rendah, sedangkan turbo yang lebih besar bekerja pada RPM yang lebih tinggi.

  • Pada mesin twin-turbo SERIES, dapat dirasakan lebih banyak tenaga di rentang putaran bawah.
  1. Pada mesin twin-turbo paralel, kedua turbo memiliki ukuran yang sama dan beroperasi secara bersamaan.
  • Kedua turbo bekerja sama dengan membelah silinder. Misalnya, pada mesin V6, setiap turbocharger bertanggung jawab atas tiga silinder.
  • Pada mesin twin-turbo paralel, lag turbo jauh lebih sedikit karena dua turbo bekerja secara bersamaan.

Apa itu TURBO LAG, dan bagaimana cara menghilangkannya

Turbo lag adalah sedikit keterlambatan respon pada saat menekan pedal akselerator. Itu terjadi karena mesin tidak menghasilkan gas buang yang cukup untuk memutar roda turbin turbo dengan cukup cepat.

Pengemudi mengalami turbo lag hanya saat mengemudi dengan agresif atau tiba-tiba berakselerasi dari posisi throttle tertutup. Jadi, turbo lag bukanlah masalah besar pada mobil modern, setidaknya untuk pengendara sehari-hari.

Pabrikan mobil menghilangkan turbo lag dengan memasang dua turbocharger ke mesin. Itulah alasan mengapa mesin twin-turbo umumnya terbebas dari turbo lag. Cara lain untuk menghilangkan turbo lag adalah dengan menggunakan supercharger. Karena tenaga mesin menggerakkan supercharger, tidak ada jeda dalam dorongan.

TIPS untuk mobil TURBO MENJADI LEBIH IRIT

Mesin turbocharged tidak semuanya tentang tenaga. Efisiensi bahan bakar juga penting.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil turbo.

  • Selalu pertahankan kecepatan rendah dan konstan saat mengendarai mobil turbocharged. Berkendara dengan kecepatan jelajah yang nyaman dan pertahankan kecepatan itu secara konstan. Mesin yang berjalan pada RPM konstan dan optimal menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik.
  • Pindahkan persneling lebih awal ke persneling yang lebih tinggi (MANUAL). Mesin turbo menghasilkan lebih banyak torsi lebih rendah di rentang putaran. Oleh karena itu, semakin TINGGI RPM pada gigi rendah, semakin banyak konsumsi bahan bakar. Jadi, berpindah ke gigi yang lebih tinggi secepat mungkin akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Dapat menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi atau bahan bakar premium di mobil turbocharged Anda untuk mendapatkan penghematan bahan bakar terbaik. Bahan bakar berkualitas tinggi menghasilkan pembakaran yang efisien, sehingga mesin dapat menghasilkan jarak tempuh yang lebih baik.
  • Pertahankan tekanan ban yang benar seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Tekanan ban sering diabaikan, tetapi berdampak pada efisiensi bahan bakar. Jadi pastikan mempertahankan tekanan ban yang optimal di mobil.

Apa yang TIDAK BOLEH DILAKUKAN dengan MESIN TURBO

Mesin turbo bertenaga dan efisien. Namun, efisiensi tergantung pada bagaimana CARA mengendarai mobil. Poin-poin di bawah ini menjelaskan apa yang BOLEH & TIDAK BOLEH dilakukan saat mengendarai mobil bertenaga mesin turbo.

  • Jangan pernah menyalakan mesin dan langsung mengemudi JIKA MENGGUNAKAN PELUMAS/OLI BIASA dan DENGAN PELUMAS YANG RENDAH API-nya, seperti API SL, SN dan SN+ dan SAE TINGGI, seperti SAE 5W-30, 10W-30, 10W-40 untuk BENSIN, JIKA untuk MESIN DIESEL PELUMAS dengan API-nya RENDAH CF, CI4, CH4, CJ4 dan SAE TINGGI seperti SAE 10W-40, SAE 15W40. Selalu panaskan mesin sebelum mengemudi. Pemanasan memungkinkan oli mesin mencapai suhu pengoperasian yang optimal. Mesin dan turbo yang dilumasi dengan baik sangat penting untuk fungsi mesin yang efisien. UNTUK MENGATASI MOBIL DENGAN MESIN TURBO SANGAT DIANJURKAN DAN HARUS MENGUNAKAN PELUMAS YANG BERKUALITAS TINGGI, API SP/ILSAC GF 6A-6B dan SAE RENDAH, yaitu SAE 0W-16, 0W-20 DAN 0W-30 (UNTUK BENSIN) dan untuk mesin DIESEL HARUS MENGGUNAKAN API CK4 dengan SAE 5W-30, SAE 10W-30, dan SAE 5W-40 —- DENGAN PELUMAS INI SETELAH MESIN DI-NYALA-KAN MOBIL DAPAT LANGSUNG DIKENDARAI DENGAN AMAN.
  • Jangan langsung mematikan mesin setelah Anda mendorong mesin hingga batasnya atau mengemudi dengan agresif. Biarkan beberapa saat (beberapa menit) untuk mendinginkan cairan esensial dan kemudian matikan mesin.

Hindari menyeret mesin dengan mengemudi dengan kecepatan lebih lambat di gigi yang lebih tinggi. Ini memberi banyak tekanan pada komponen mesin.

Jangan menginjak gas secara agresif jika terjadi turbo lag. Jika Anda berakselerasi secara tiba-tiba, turbo akan membutuhkan beberapa detik untuk berputar. Namun ketika berputar, lonjakan tenaga yang tiba-tiba dapat membuat Anda lengah, dan Anda dapat kehilangan kendali atas kendaraan.

Jangan pernah menggunakan bahan bakar beroktan lebih rendah pada mesin turbocharged. Lihat manual pemilik dan gunakan bahan bakar tingkat oktan yang benar.